Lenovo

Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop Lenovo

31
×

Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop Lenovo

Sebarkan artikel ini

Halo, para pengguna ! Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan pesan “No Bootable Device” saat menghidupkan Anda? Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial lengkap tentang cara mengatasi masalah ini. Mari kita mulai!

Apa itu No Bootable Device?

No Bootable Device adalah pesan yang muncul saat Anda tidak dapat menemukan perangkat penyimpanan yang dapat di-boot, seperti hard drive atau SSD. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa alasan, seperti kerusakan perangkat keras, konfigurasi BIOS yang salah, atau masalah dengan sistem operasi.

Langkah 1: Periksa Koneksi Perangkat Penyimpanan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa koneksi perangkat penyimpanan di dalam Anda. Matikan dan lepas semua kabel dan perangkat eksternal yang terhubung. Kemudian, buka casing dan periksa apakah hard drive atau SSD terhubung dengan benar ke motherboard. Pastikan kabel data dan kabel daya terpasang dengan kuat. Jika perlu, lepaskan dan pasang kembali kabel-kabel tersebut untuk memastikan koneksi yang baik.

Langkah 2: Periksa Pengaturan BIOS

Jika langkah pertama tidak berhasil, kemungkinan ada masalah dengan pengaturan BIOS Anda. Untuk mengakses BIOS, hidupkan dan tekan tombol yang ditunjukkan pada layar saat booting. Pada , tombol yang umumnya digunakan adalah F2 atau Del. Setiap memiliki tombol yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa manual Anda.

Setelah Anda masuk ke BIOS, cari opsi “Boot” atau “Boot Priority” di menu utama. Pastikan perangkat penyimpanan internal Anda, seperti hard drive atau SSD, terdaftar sebagai perangkat boot utama. Jika tidak, pindahkan perangkat penyimpanan internal ke posisi teratas dalam daftar boot priority. Setelah Anda melakukan perubahan, simpan pengaturan dan restart Anda.

Langkah 3: Perbaiki Sistem Operasi

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, kemungkinan ada masalah dengan sistem operasi di Anda. Anda dapat mencoba melakukan perbaikan sistem operasi dengan menggunakan media instalasi Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan media instalasi Windows ke dalam Anda dan restart .
  2. Setelah restart, tekan tombol yang ditunjukkan pada layar untuk mengakses menu boot. Pada , tombol yang umumnya digunakan adalah F12.
  3. Pilih media instalasi Windows dari menu boot dan tekan Enter.
  4. Pilih opsi “Repair your computer” atau “Troubleshoot” dalam menu instalasi Windows.
  5. Pilih opsi “Startup Repair” atau “Automatic Repair” dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh Windows.
  6. Setelah proses perbaikan selesai, restart Anda dan periksa apakah masalah “No Bootable Device” sudah teratasi.

Langkah 4: Hubungi Layanan Teknis Lenovo

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kemungkinan ada masalah perangkat keras yang serius dengan Anda. Dalam hal ini, disarankan untuk menghubungi layanan teknis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka akan membantu Anda dalam mendiagnosis masalah dan memberikan solusi yang tepat.

Kesimpulan

Untuk mengatasi masalah “No Bootable Device” pada , Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut: memeriksa koneksi perangkat penyimpanan, memeriksa pengaturan BIOS, melakukan perbaikan sistem operasi, atau menghubungi layanan teknis . Penting untuk diingat bahwa setiap memiliki konfigurasi yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa manual Anda atau menghubungi produsen jika Anda mengalami kesulitan. Semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah pada Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *