Samsung

Cara Mengatasi Usable Ram Pada Laptop Samsung

59
×

Cara Mengatasi Usable Ram Pada Laptop Samsung

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Usable Ram Pada Laptop Samsung
Cara Mengatasi Usable Ram Pada Laptop Samsung

Halo teman-teman! Apakah kalian pernah mengalami masalah dengan RAM kalian? Apakah kalian sering melihat pesan “usable RAM” yang rendah dan merasa kalian berjalan lambat? Tenang saja, dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial lengkap tentang cara mengatasi masalah usable RAM pada . Yuk, simak pembahasannya!

Apa itu Usable RAM?

Sebelum masuk ke cara mengatasi masalah usable RAM, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu “usable RAM”. Usable RAM adalah bagian dari RAM yang dapat digunakan oleh sistem operasi dan program yang berjalan pada . Sedangkan, ada juga bagian dari RAM yang tidak dapat digunakan dan disebut sebagai “reserved RAM”. Ketika mengalami masalah usable RAM yang rendah, ini biasanya disebabkan oleh penggunaan RAM yang berlebihan oleh program dan proses yang sedang berjalan.

Penyebab Usable RAM Rendah pada Laptop Samsung

Ada beberapa penyebab umum mengapa mengalami masalah usable RAM yang rendah, di antaranya:

  1. Terdapat program atau proses yang menggunakan terlalu banyak RAM
  2. Ada masalah dengan pengaturan sistem operasi
  3. Terdapat virus atau malware yang mengganggu kinerja

Cara Mengatasi Usable RAM Rendah pada Laptop Samsung

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatasi masalah usable RAM pada :

1. Menutup Program atau Proses yang Tidak Diperlukan

Langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah usable RAM rendah adalah dengan menutup program atau proses yang tidak diperlukan. Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan. Pada tab “Processes”, pilih program atau proses yang tidak diperlukan, lalu klik “End Task” untuk menutupnya. Dengan menutup program atau proses yang tidak diperlukan, kita dapat mengurangi penggunaan RAM .

2. Meningkatkan Virtual Memory

Jika menutup program atau proses tidak cukup untuk mengatasi masalah usable RAM rendah, kita juga dapat meningkatkan virtual memory pada . Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Control Panel, lalu pilih “System and Security”.
  2. Pada bagian “System”, klik “Advanced system settings”.
  3. Pada tab “Advanced”, klik tombol “Settings” pada bagian “Performance”.
  4. Pada tab “Advanced” lagi, klik tombol “Change” pada bagian “Virtual memory”.
  5. Uncheck opsi “Automatically manage paging file size for all drives”.
  6. Pilih drive sistem operasi (biasanya drive C:), lalu pilih opsi “Custom size”.
  7. Isi kolom “Initial size (MB)” dan “Maximum size (MB)” sesuai dengan kebutuhan kalian. Untuk mendapatkan nilai yang tepat, kalian dapat mengalikan jumlah RAM kalian dengan 1.5. Misalnya, jika kalian memiliki 4GB RAM, kalian dapat mengisi kolom dengan nilai 6144 (4GB x 1.5 x 1024).
  8. Klik “Set”, lalu klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Dengan meningkatkan virtual memory, akan menggunakan ruang hard drive sebagai tambahan RAM, sehingga dapat mengatasi masalah usable RAM rendah.

3. Menghapus Virus atau Malware

Jika masalah usable RAM rendah disebabkan oleh virus atau malware, kita perlu menghapusnya agar kembali normal. Lakukan pemindaian antivirus secara menyeluruh pada kalian. Jika antivirus tidak dapat menemukan virus atau malware yang menyebabkan masalah, kalian dapat menggunakan software malware removal seperti Malwarebytes untuk membersihkannya.

4. Mengupgrade RAM

Jika semua langkah di atas tidak dapat mengatasi masalah usable RAM rendah, mungkin saatnya untuk mengupgrade RAM kalian. Dengan mengupgrade RAM, kalian akan memiliki lebih banyak ruang untuk menjalankan program dan proses yang membutuhkan RAM lebih besar.

Kesimpulan

Mengatasi masalah usable RAM rendah pada dapat dilakukan dengan beberapa langkah, seperti menutup program atau proses yang tidak diperlukan, meningkatkan virtual memory, menghapus virus atau malware, dan mengupgrade RAM. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kalian dapat mengoptimalkan penggunaan RAM dan menjaga performa tetap optimal. Semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah usable RAM pada . Terima kasih sudah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *