Samsung

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Samsung Tidak Bisa Di Klik

10
×

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Samsung Tidak Bisa Di Klik

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Touchpad Laptop Samsung Tidak Bisa Di Klik
Cara Mengatasi Touchpad Laptop Samsung Tidak Bisa Di Klik

Jika Anda mengalami masalah dimana touchpad Anda tidak bisa di klik, Anda mungkin merasa frustrasi dan tidak tahu harus melakukan apa. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial langkah demi langkah tentang cara mengatasi masalah ini. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menggunakan touchpad Anda seperti sedia kala.

1. Periksa Pengaturan Touchpad

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa pengaturan touchpad di Anda. Buka menu Pengaturan dengan mengklik ikon Start di pojok kiri bawah layar dan pilih Pengaturan. Setelah itu, cari dan klik pada opsi Perangkat. Di sana, Anda akan menemukan opsi Touchpad. Pastikan opsi ini diaktifkan. Jika tidak, aktifkan opsi tersebut dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

2. Restart Laptop Anda

Jika mengaktifkan kembali opsi Touchpad tidak memperbaiki masalah, langkah berikutnya yang dapat Anda coba adalah restart Anda. Kadang-kadang, masalah dengan touchpad dapat diselesaikan dengan hanya melakukan restart sederhana. Matikan Anda sepenuhnya, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Setelah menyala kembali, periksa apakah touchpad sudah berfungsi normal.

3. Perbarui Driver Touchpad

Jika touchpad Anda masih tidak bisa di klik setelah melakukan restart, mungkin ada masalah dengan driver touchpad. Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat keras komputer berfungsi dengan baik. Untuk memperbarui driver touchpad, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan dan pilih opsi Perangkat.
  2. Klik pada opsi Touchpad.
  3. Pilih opsi “Perangkat Tambahan” di bagian bawah jendela.
  4. Pilih opsi “Pengaturan Perangkat Tambahan” di bagian bawah jendela.
  5. Pilih opsi “Perbarui” di sebelah kanan driver touchpad.
  6. Tunggu sampai proses pembaruan selesai.
  7. Setelah pembaruan selesai, restart Anda.

Setelah menyala kembali, periksa apakah touchpad sudah berfungsi dengan baik. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Bersihkan Touchpad

Ketika touchpad tertutup oleh debu, kotoran, atau noda, mungkin tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang dapat Anda coba adalah membersihkan touchpad. Berikut adalah cara membersihkan touchpad Anda:

  1. Matikan Anda dan lepaskan kabel daya.

Jika touchpad masih tidak berfungsi dengan baik setelah membersihkannya, coba langkah berikutnya.

5. Reset Pengaturan Touchpad

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mereset pengaturan touchpad Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Matikan Anda dan lepaskan kabel daya.
  2. Klik pada opsi “Lainnya” di bagian bawah jendela.
  3. Pilih opsi “Reset Pengaturan” dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.
  4. Setelah reset selesai, restart Anda.

Setelah menyala kembali, periksa apakah touchpad sudah berfungsi dengan baik. Jika tidak, ada kemungkinan ada masalah perangkat keras dengan touchpad Anda. Dalam hal ini, disarankan untuk membawa ke pusat servis resmi untuk diperiksa dan diperbaiki.

Kesimpulan

Jadi, jika touchpad Anda tidak bisa di klik, jangan panik. Ikuti langkah-langkah di atas mulai dari memeriksa pengaturan touchpad hingga mereset pengaturan, dan Anda mungkin dapat memperbaiki masalah tersebut sendiri. Jika semua langkah di atas tidak membuahkan hasil, ada kemungkinan masalah perangkat keras dengan touchpad Anda, dan disarankan untuk membawa ke pusat servis resmi . Dengan sedikit usaha dan pengetahuan, Anda dapat mengatasi masalah touchpad Anda dan kembali menggunakan dengan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *