Acer

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Acer Tidak Berfungsi

15
×

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Acer Tidak Berfungsi

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Touchpad Laptop Acer Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Touchpad Laptop Acer Tidak Berfungsi

Selamat datang di artikel tutorial kali ini! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi. Touchpad yang tidak berfungsi dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika Anda terbiasa menggunakan touchpad untuk mengoperasikan Anda. Jangan khawatir, dalam artikel ini, saya akan memberikan langkah-langkah yang mudah untuk mengatasi masalah ini. Yuk, simak selengkapnya!

Penjelasan Singkat tentang Touchpad Laptop Acer

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi, ada baiknya kita menyimak penjelasan singkat tentang touchpad tersebut. Touchpad adalah perangkat input yang terletak di bawah keyboard . Fungsinya adalah untuk menggantikan mouse eksternal dan memungkinkan pengguna untuk menggerakkan kursor di layar dengan mengusap atau menekan touchpad.

Touchpad biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan, seperti tombol klik kanan dan kiri yang terintegrasi dengan touchpad. Selain itu, touchpad juga mendukung gerakan multi-jari, seperti menggesekkan tiga jari untuk menggulir halaman atau menggesekkan empat jari untuk mengganti aplikasi.

Mengapa Touchpad Laptop Acer Tidak Berfungsi?

Ada beberapa alasan mengapa touchpad bisa tidak berfungsi. Salah satu alasan umum adalah driver touchpad yang rusak atau tidak terinstal dengan benar. Driver adalah perangkat lunak yang diperlukan oleh sistem operasi untuk mengenali dan mengendalikan perangkat keras. Jika driver touchpad tidak berfungsi, maka touchpad juga tidak akan berfungsi.

Selain itu, touchpad juga dapat tidak berfungsi karena tombol kunci touchpad terkunci atau terdapat gangguan fisik pada touchpad itu sendiri. Kadang-kadang, masalah touchpad juga dapat disebabkan oleh konflik dengan perangkat lunak lain atau pengaturan yang salah pada sistem operasi.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Acer Tidak Berfungsi

Langkah 1: Periksa Pengaturan Touchpad

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa pengaturan touchpad di sistem operasi Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu “Pengaturan” di Anda.
  2. Pilih opsi “Perangkat” atau “Mouse dan Touchpad”.
  3. Periksa apakah touchpad Anda telah diaktifkan. Jika tidak, aktifkan tombol “Aktifkan touchpad” atau seret tombol ke posisi “On”.
  4. Periksa juga pengaturan sensitivitas dan gerakan multi-jari. Sesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi Anda.

Jika setelah memeriksa pengaturan touchpad, touchpad masih tidak berfungsi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Periksa Tombol Kunci Touchpad

Beberapa dilengkapi dengan tombol kunci touchpad yang berfungsi untuk mengunci atau membuka touchpad. Tombol kunci touchpad biasanya terletak di sebelah touchpad atau di sekitar tombol F1 hingga F12. Cek apakah tombol kunci touchpad pada Anda terkunci atau tidak. Jika terkunci, tekan tombol tersebut untuk membuka kunci touchpad.

Jika tombol kunci touchpad tidak terkunci atau setelah membuka kuncinya touchpad masih tidak berfungsi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Perbarui atau Instal Ulang Driver Touchpad

Driver touchpad yang rusak atau tidak terinstal dengan benar dapat menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memperbarui atau menginstal ulang driver touchpad. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Device Manager” di Anda. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + X dan memilih opsi “Device Manager” dari menu yang muncul.
  2. Cari dan klik kanan pada “HID-compliant mouse” atau “PS/2 Compatible Mouse” (nama mungkin berbeda tergantung pada model Anda).
  3. Pilih opsi “Perbarui driver” atau “Uninstall device” (jika driver touchpad sudah terinstal).
  4. Jika Anda memilih opsi “Perbarui driver”, pilih opsi “Cari driver secara otomatis”. Sistem operasi akan mencari dan mengunduh driver touchpad terbaru dari internet.
  5. Jika Anda memilih opsi “Uninstall device”, tunggu proses penghapusan selesai, kemudian restart Anda. Setelah menyala kembali, sistem operasi akan menginstal ulang driver touchpad secara otomatis.

Setelah driver touchpad diperbarui atau diinstal ulang, coba periksa apakah touchpad sudah berfungsi. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Scan dan Perbaiki Gangguan Fisik pada Touchpad

Jika touchpad masih tidak berfungsi setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kemungkinan ada gangguan fisik pada touchpad itu sendiri. Gangguan fisik dapat berupa debu, kotoran, atau kelembaban yang terjebak di bawah touchpad. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan scan dan perbaiki gangguan fisik pada touchpad dengan langkah-langkah berikut:

  1. Matikan Anda dan lepaskan baterai (jika memungkinkan).
  2. Bersihkan permukaan touchpad dengan kain lembut yang sedikit basah. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel.
  3. Biarkan Anda dalam keadaan terbuka selama beberapa jam untuk mengeringkan touchpad jika ada kelembaban yang terjebak di dalamnya.
  4. Pasang kembali baterai (jika telah dilepas) dan nyalakan Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba periksa apakah touchpad sudah berfungsi. Jika masih tidak berfungsi, lanjutkan ke langkah terakhir.

Langkah 5: Hubungi Layanan Pelanggan Acer

Jika setelah mengikuti semua langkah di atas touchpad Anda masih tidak berfungsi, ada kemungkinan bahwa masalah tersebut memerlukan perbaikan oleh teknisi profesional. Anda dapat menghubungi layanan pelanggan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Pastikan Anda mencatat nomor seri dan model Anda sebelum menghubungi layanan pelanggan untuk mempercepat proses perbaikan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi. Masalah touchpad yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti driver yang rusak, tombol kunci touchpad terkunci, atau gangguan fisik pada touchpad itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu memeriksa pengaturan touchpad, memeriksa tombol kunci touchpad, memperbarui atau menginstal ulang driver touchpad, memeriksa dan memperbaiki gangguan fisik pada touchpad, atau menghubungi layanan pelanggan jika semua langkah di atas tidak berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah touchpad yang tidak berfungsi. Terima kasih telah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *