Acer

Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop Acer Windows 10

31
×

Cara Mengatasi No Bootable Device Pada Laptop Acer Windows 10

Sebarkan artikel ini

Halo, selamat datang di tutorial mengatasi no bootable device pada Windows 10. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda memperbaiki masalah tersebut.

Apa itu No Bootable Device?

No bootable device adalah pesan kesalahan yang muncul ketika tidak dapat menemukan atau membaca sistem operasi yang valid untuk memulai. Pesan ini umumnya muncul saat Anda dihidupkan atau restart, dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kerusakan pada hard drive, masalah pada partisi sistem, atau pengaturan BIOS yang salah.

Langkah 1: Periksa Koneksi Hardware

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi hardware pada Anda. Pastikan kabel SATA yang menghubungkan hard drive dengan motherboard terhubung dengan baik. Anda juga dapat mencoba mencabut dan memasang kembali kabel SATA untuk memastikan tidak ada masalah dengan koneksi fisiknya.

Jika koneksi hardware sudah terhubung dengan baik, langkah selanjutnya adalah memeriksa pengaturan boot di BIOS.

Langkah 2: Periksa Pengaturan Boot di BIOS

Untuk memeriksa pengaturan boot di BIOS, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan dan tekan tombol F2 atau Del saat layar boot muncul. Tombol yang harus ditekan dapat berbeda-beda tergantung pada model Anda, jadi pastikan untuk melihat petunjuk yang muncul di layar.
  2. Setelah masuk ke BIOS, cari menu Boot atau Boot Options. Di dalam menu ini, pastikan hard drive atau SSD yang berisi sistem operasi Anda terdaftar sebagai perangkat boot utama.
  3. Jika hard drive atau SSD tidak terdaftar sebagai perangkat boot utama, pilihnya dan atur sebagai perangkat boot utama.
  4. Simpan pengaturan BIOS yang telah Anda ubah dan restart Anda.

Setelah restart, periksa apakah pesan no bootable device masih muncul. Jika masih muncul, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah 3: Periksa Hard Drive

Jika Anda masih mengalami masalah no bootable device setelah memeriksa koneksi hardware dan pengaturan boot di BIOS, langkah selanjutnya adalah memeriksa hard drive Anda. Untuk memeriksa hard drive, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan dan tekan tombol F12 saat layar boot muncul. Tombol yang harus ditekan dapat berbeda-beda tergantung pada model Anda, jadi pastikan untuk melihat petunjuk yang muncul di layar.
  2. Pilih opsi Hard Drive Self Test atau opsi yang serupa dalam menu boot.
  3. Tunggu hingga proses pemeriksaan hard drive selesai. Jika ada masalah dengan hard drive, pesan kesalahan akan ditampilkan.
  4. Jika tidak ada masalah yang ditemukan, coba lakukan pemulihan sistem menggunakan media instalasi Windows 10.

Langkah 4: Lakukan Pemulihan Sistem

Jika tidak ada masalah yang ditemukan pada hard drive, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah melakukan pemulihan sistem menggunakan media instalasi Windows 10. Untuk melakukan pemulihan sistem, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan media instalasi Windows 10 ke dalam Anda dan nyalakan .
  2. Tekan tombol F12 saat layar boot muncul dan pilih opsi Boot from CD/DVD atau opsi yang serupa.
  3. Pilih bahasa, zona waktu, dan metode input yang sesuai, kemudian klik Next.
  4. Klik Repair your computer di pojok kanan bawah layar.
  5. Pilih opsi Troubleshoot dan kemudian pilih opsi Advanced options.
  6. Pilih opsi System Restore atau opsi lain yang sesuai untuk memulai pemulihan sistem.
  7. Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses pemulihan sistem.

Setelah proses pemulihan sistem selesai, restart Anda dan periksa apakah pesan no bootable device masih muncul. Jika masih muncul, mungkin ada masalah lain yang memerlukan bantuan teknisi komputer profesional.

Kesimpulan

No bootable device merupakan masalah umum yang dapat terjadi pada Windows 10. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa koneksi hardware, pengaturan boot di BIOS, memeriksa hard drive, dan melakukan pemulihan sistem menggunakan media instalasi Windows 10. Jika masalah masih persisten, sebaiknya minta bantuan dari teknisi komputer profesional untuk memperbaiki masalah yang lebih kompleks.

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda akan dapat mengatasi masalah no bootable device pada Windows 10 dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantu Anda memperbaiki masalah Anda. Terima kasih telah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *