Lenovo

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Preparing Automatic Repair

16
×

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Preparing Automatic Repair

Sebarkan artikel ini

Apakah Anda sedang mengalami masalah dengan Anda yang terus muncul pesan “Preparing Automatic Repair”? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Kami akan menjelaskan apa yang menyebabkan pesan ini muncul dan memberikan solusi yang dapat Anda coba. Mari kita mulai!

Apa itu “Preparing Automatic Repair”?

Sebelum kita membahas cara mengatasi masalah ini, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan “Preparing Automatic Repair”. Pesan ini biasanya muncul ketika sistem operasi Windows di sedang mengalami masalah yang perlu diperbaiki secara otomatis oleh komputer. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam tergantung pada tingkat kerusakan sistem.

Penyebab Pesan “Preparing Automatic Repair”

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda muncul pesan “Preparing Automatic Repair”. Beberapa penyebab umum meliputi:

  1. Kerusakan pada sistem operasi Windows
  2. Kerusakan pada hard drive
  3. Perangkat lunak yang tidak kompatibel
  4. Infeksi virus atau malware

Setelah mengetahui penyebab potensialnya, sekarang kita akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Preparing Automatic Repair

1. Matikan dan Hidupkan Ulang Laptop Anda

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan mematikan dan kemudian menghidupkan ulang Anda. Kadang-kadang, masalah ini dapat diselesaikan dengan melakukan restart sederhana pada sistem. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol power pada Anda selama beberapa detik hingga benar-benar mati.
  2. Tunggu beberapa detik, kemudian tekan tombol power lagi untuk menghidupkan .

Jika masalah masih muncul setelah restart, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Periksa Kondisi Hard Drive Anda

Salah satu penyebab umum pesan “Preparing Automatic Repair” adalah kerusakan pada hard drive. Untuk memeriksa kondisi hard drive Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Matikan Anda.
  2. Hidupkan kembali dan tekan tombol F2 atau Del secara berulang-ulang saat logo muncul di layar. Ini akan membawa Anda ke BIOS .
  3. Dalam BIOS, cari opsi “Diagnostics” atau “Diagnostic Tools”. Pilih opsi ini untuk memeriksa kondisi hard drive Anda.
  4. Tunggu hingga proses diagnostik selesai. Jika ada masalah dengan hard drive, akan memberikan pesan yang menjelaskan permasalahan tersebut.

Jika hasil diagnostik menunjukkan kerusakan pada hard drive, Anda perlu mengganti hard drive dengan yang baru. Jika tidak ada masalah yang terdeteksi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Gunakan Mode Aman

Jika Anda terus muncul pesan “Preparing Automatic Repair”, Anda dapat mencoba untuk masuk ke Mode Aman. Mode Aman memungkinkan Anda untuk memperbaiki masalah dengan menggunakan pengaturan dasar dan menghindari konflik dengan perangkat lunak pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah untuk masuk ke Mode Aman:

  1. Matikan Anda.
  2. Hidupkan kembali dan tekan tombol F8 secara berulang-ulang segera setelah logo muncul di layar. Ini akan membawa Anda ke menu Boot Options.
  3. Pada menu Boot Options, pilih opsi “Safe Mode” atau “Safe Mode with Networking” menggunakan tombol panah pada keyboard Anda.
  4. Tekan Enter untuk memulai dalam Mode Aman.

Setelah masuk ke Mode Aman, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah dengan menghapus program yang tidak diperlukan, memperbarui driver, atau menjalankan pemindai virus. Jika masalah tetap ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Gunakan Pemulihan Sistem

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan fitur Pemulihan Sistem di Anda. Pemulihan Sistem memungkinkan Anda untuk mengembalikan ke keadaan sebelumnya ketika semuanya berfungsi dengan baik. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Matikan Anda.
  2. Hidupkan kembali dan tekan tombol F11 secara berulang-ulang saat logo muncul di layar. Ini akan membawa Anda ke menu Pemulihan Sistem.
  3. Pada menu Pemulihan Sistem, pilih opsi “Troubleshoot” dan kemudian pilih “Reset this PC”.
  4. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses pemulihan.

Harap diingat bahwa menggunakan fitur Pemulihan Sistem akan menghapus semua data yang ada di Anda, jadi pastikan Anda mencadangkan semua data penting sebelum melanjutkan.

5. Instal Ulang Sistem Operasi Windows

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, solusi terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan instal ulang sistem operasi Windows di Anda. Ini akan menghapus semua file dan program yang ada di , jadi pastikan Anda mencadangkan semua data penting sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan instal ulang sistem operasi Windows:

  1. Siapkan DVD instalasi Windows atau drive USB bootable dengan file instalasi Windows.
  2. Matikan Anda.
  3. Masukkan DVD instalasi Windows atau drive USB bootable ke .
  4. Hidupkan kembali dan tekan tombol yang ditunjukkan pada layar untuk masuk ke BIOS.
  5. Dalam BIOS, cari opsi “Boot” atau “Boot Options”. Ubah pengaturan boot sehingga akan memulai dari DVD atau USB terlebih dahulu.
  6. Simpan pengaturan BIOS dan keluar dari BIOS.
  7. Anda akan memulai dari DVD instalasi Windows atau drive USB bootable.
  8. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal ulang sistem operasi Windows.

Setelah selesai menginstal ulang sistem operasi Windows, Anda akan kembali ke keadaan awal dengan sistem yang segar. Pastikan Anda menginstal semua pembaruan sistem operasi dan driver terbaru setelah instalasi selesai.

Kesimpulan

Menangani pesan “Preparing Automatic Repair” pada bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan di atas, Anda dapat mencoba untuk mengatasi masalah ini sendiri. Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba semua solusi yang kami sebutkan, disarankan untuk menghubungi layanan dukungan teknis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantu Anda memperbaiki masalah pada Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *