Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8.1 Pro

25
×

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8.1 Pro

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8.1 Pro
Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8.1 Pro

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi lemot dengan sistem operasi Windows 8.1 Pro. Mungkin di antara kalian ada yang mengalami masalah yang sama, yaitu yang terasa lambat dan tidak responsif. Tenang saja, dalam artikel ini saya akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut. Jadi, langsung saja kita mulai!

1. Bersihkan Hard Disk

Salah satu penyebab menjadi lemot adalah karena hard disk yang penuh dengan file-file yang tidak perlu. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan hard disk. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan fitur “Disk Cleanup” yang sudah disediakan oleh Windows 8.1 Pro.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka “My Computer” atau “This PC”.
  2. Klik kanan pada drive yang ingin kamu bersihkan, biasanya drive C.
  3. Pilih “Properties”.
  4. Pada tab “General”, klik “Disk Cleanup”.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses analisis selesai.
  6. Pilih file-file yang ingin dihapus, seperti temporary files, recycle bin, dan lainnya.
  7. Klik “OK” dan tunggu proses pembersihan selesai.

Dengan membersihkan hard disk secara teratur, kamu akan merasakan peningkatan kinerja kamu. Selain itu, pastikan juga untuk menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan agar tidak membebani kapasitas hard disk.

2. Nonaktifkan Program Startup yang Tidak Diperlukan

Saat dinyalakan, beberapa program akan secara otomatis berjalan di latar belakang. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja , terutama jika terlalu banyak program yang berjalan saat startup. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksa daftar program startup dan mematikan program-program yang tidak diperlukan.

Caranya sangat mudah:

  1. Tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” untuk membuka Task Manager.
  2. Pilih tab “Startup”.
  3. Lihat daftar program yang berjalan saat startup.
  4. Klik kanan pada program yang tidak diperlukan, lalu pilih “Disable”.

Dengan mematikan program-program yang tidak diperlukan, kamu akan melihat perubahan yang signifikan dalam kecepatan kamu saat startup.

3. Perbarui Driver Laptop

Driver adalah perangkat lunak yang menghubungkan hardware dengan sistem operasi. Jika driver tidak diperbarui secara teratur, bisa menjadi lemot dan tidak stabil. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memperbarui driver kamu.

Ada dua cara untuk memperbarui driver :

  1. Manual: Buka situs resmi produsen kamu, cari driver yang sesuai dengan model kamu, dan unduh serta instal driver tersebut.
  2. Otomatis: Gunakan software driver updater seperti Driver Booster atau Driver Easy untuk memperbarui driver secara otomatis.

Dengan memperbarui driver secara teratur, kamu akan memastikan bahwa kamu selalu berjalan dengan performa terbaiknya.

4. Aktifkan Fitur Fast Startup

Fitur Fast Startup adalah fitur yang memungkinkan untuk menyimpan informasi startup ke dalam file hibernation, sehingga saat dinyalakan kembali, proses booting menjadi lebih cepat. Fitur ini akan sangat membantu dalam mengatasi masalah yang lemot saat startup.

Caranya sangat mudah:

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih “Power Options”.
  3. Pilih “Choose what the power buttons do” di sebelah kiri.
  4. Klik “Change settings that are currently unavailable”.
  5. Pada bagian “Shutdown settings”, pastikan opsi “Turn on fast startup” sudah dicentang.
  6. Klik “Save changes”.

Dengan mengaktifkan fitur Fast Startup, kamu akan merasakan peningkatan kecepatan saat dinyalakan.

5. Upgrade RAM

Jika kamu masih terasa lemot setelah mencoba langkah-langkah di atas, mungkin masalahnya adalah RAM yang terlalu kecil. RAM yang kecil dapat membuat bekerja lebih lambat karena tidak memiliki cukup ruang untuk menjalankan program-program yang berat.

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk meng-upgrade RAM kamu. Dengan menambah jumlah RAM, kamu akan melihat peningkatan yang signifikan dalam kecepatan dan responsivitas kamu.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi lemot dengan sistem operasi Windows 8.1 Pro. Dengan membersihkan hard disk, mematikan program startup yang tidak diperlukan, memperbarui driver , mengaktifkan fitur Fast Startup, dan meng-upgrade RAM, kamu akan dapat meningkatkan kinerja kamu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *