Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Setelah Update Windows

28
×

Cara Mengatasi Laptop Lemot Setelah Update Windows

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Laptop Lemot Setelah Update Windows
Cara Mengatasi Laptop Lemot Setelah Update Windows

Apakah kamu mengalami performa yang lemot setelah melakukan update Windows? Jangan khawatir, kamu bukanlah satu-satunya yang mengalami hal tersebut. Banyak pengguna yang mengalami masalah serupa setelah melakukan pembaruan sistem operasi. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa cara untuk mengatasi masalah lemot setelah update Windows.

Penyebab Laptop Menjadi Lemot Setelah Update Windows

Sebelum kita membahas cara mengatasi masalah ini, alangkah baiknya kita memahami beberapa penyebab umum mengapa bisa menjadi lemot setelah update Windows. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi:

  1. Driver yang tidak kompatibel: Setelah melakukan update Windows, driver perangkat keras pada kamu juga perlu diperbarui. Jika driver tidak kompatibel dengan versi Windows yang terbaru, hal ini dapat menyebabkan performa menjadi lemot.
  2. Program yang tidak kompatibel: Program atau aplikasi pihak ketiga yang terinstal di kamu mungkin tidak kompatibel dengan versi Windows yang terbaru. Hal ini dapat mempengaruhi performa dan membuatnya menjadi lebih lambat.
  3. Pengaturan sistem yang tidak optimal: Beberapa pengaturan sistem pada kamu mungkin tidak diatur secara optimal setelah melakukan update Windows. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan membuatnya menjadi lemot.
  4. Infeksi malware atau virus: Setelah melakukan update Windows, kamu mungkin lebih rentan terhadap infeksi malware atau virus. Hal ini dapat menyebabkan performa menjadi lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Setelah Update Windows

Sekarang, mari kita bahas beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah lemot setelah update Windows.

1. Perbarui Driver Perangkat Keras

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memperbarui driver perangkat keras pada kamu. Terkadang, driver lama tidak kompatibel dengan versi Windows yang terbaru, sehingga menyebabkan performa menjadi lemot.

Untuk memperbarui driver, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Device Manager” dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “Device Manager” dari menu yang muncul.
  2. Di dalam “Device Manager”, cari perangkat yang ingin kamu perbarui driver-nya.
  3. Klik kanan pada perangkat tersebut dan pilih “Update driver”.
  4. Pilih opsi “Search automatically for updated driver software” dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembaruan driver.

Setelah driver perangkat keras diperbarui, restart kamu dan periksa apakah performa telah membaik.

2. Uninstall Program yang Tidak Kompatibel

Jika kamu masih lemot setelah memperbarui driver perangkat keras, ada kemungkinan program atau aplikasi pihak ketiga yang terinstal di kamu tidak kompatibel dengan versi Windows yang terbaru. Dalam hal ini, kamu dapat mencoba untuk menguninstall program-program tersebut.

Untuk menguninstall program, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Control Panel” dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “Control Panel” dari menu yang muncul.
  2. Di dalam “Control Panel”, pilih opsi “Uninstall a program” di bawah kategori “Programs”.
  3. Pilih program yang ingin kamu uninstall dan klik tombol “Uninstall” di bagian atas.
  4. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses uninstallasi program.

Setelah menguninstall program yang tidak kompatibel, restart kamu dan periksa apakah performa telah membaik.

3. Optimalkan Pengaturan Sistem

Jika kamu masih lemot setelah memperbarui driver dan menguninstall program yang tidak kompatibel, ada kemungkinan pengaturan sistem pada kamu tidak diatur secara optimal. Dalam hal ini, kamu dapat mencoba untuk mengoptimalkan pengaturan sistem.

Berikut adalah beberapa pengaturan sistem yang dapat kamu coba untuk mengoptimalkan performa :

  • Nonaktifkan efek visual yang tidak perlu: Buka “System Properties” dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “System” dari menu yang muncul. Di dalam “System Properties”, pilih opsi “Advanced system settings” di sisi kiri. Di bawah tab “Advanced”, klik tombol “Settings” di bawah kategori “Performance”. Pilih opsi “Adjust for best performance” atau pilih opsi secara manual sesuai dengan preferensi kamu.
  • Optimalkan startup: Buka “Task Manager” dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Di dalam “Task Manager”, pilih tab “Startup”. Nonaktifkan program-program yang tidak diperlukan saat startup dengan mengklik kanan pada program tersebut dan memilih opsi “Disable”.
  • Bersihkan hard drive: Buka “Disk Cleanup” dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “Disk Cleanup” dari menu yang muncul. Pilih drive yang ingin kamu bersihkan dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembersihan.

Setelah mengoptimalkan pengaturan sistem, restart kamu dan periksa apakah performa telah membaik.

4. Scan dan Bersihkan dari Malware atau Virus

Jika kamu masih lemot setelah mengoptimalkan pengaturan sistem, ada kemungkinan kamu telah terinfeksi malware atau virus. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan scan dan membersihkan dari malware atau virus.

Untuk melakukan scan dan pembersihan, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka program antivirus yang terinstal di kamu.
  2. Pilih opsi “Full Scan” atau “Deep Scan” dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses scan.
  3. Jika program antivirus menemukan adanya malware atau virus, pilih opsi untuk membersihkan atau menghapusnya.

Setelah scan dan pembersihan selesai, restart kamu dan periksa apakah performa telah membaik.

Kesimpulan

Mengatasi lemot setelah update Windows memang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu dapat memperbaiki performa kamu dengan mudah. Pastikan untuk memperbarui driver perangkat keras, menguninstall program yang tidak kompatibel, mengoptimalkan pengaturan sistem, dan membersihkan dari malware atau virus. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kamu dapat mengembalikan performa kamu ke kondisi semula dan menikmati pengalaman penggunaan yang lebih lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *