Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Membuka Excel

11
×

Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Membuka Excel

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Membuka Excel
Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Membuka Excel

Halo teman-teman! Apakah kalian sering mengalami masalah yang lemot saat membuka aplikasi Excel? Jangan khawatir, karena kali ini saya akan berbagi tips dan trik tentang cara mengatasi masalah tersebut. Excel adalah salah satu program yang sering digunakan untuk mengolah data dan kadang-kadang kita tidak mampu menghandle file-file besar yang seringkali membuat kita menjadi lemot. Nah, berikut ini adalah beberapa metode yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah ini. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Periksa Spesifikasi Laptop Anda

Sebelum kita mulai melakukan perbaikan pada kita, ada baiknya kita memeriksa spesifikasi terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah RAM, prosesor, dan kapasitas penyimpanan. Pastikan kita memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita dalam menggunakan aplikasi Excel. Jika spesifikasi kita tidak memadai, mungkin kita perlu mempertimbangkan untuk upgrade hardware kita.

2. Tutup Aplikasi Lain yang Tidak Diperlukan

Salah satu faktor yang membuat kita lemot saat membuka Excel adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sebelum membuka Excel, pastikan kita menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan. Klik kanan pada ikon aplikasi di taskbar dan pilih “Close” atau “Exit” untuk menutup aplikasi tersebut. Dengan mengurangi beban aplikasi lain, kita akan memiliki lebih banyak sumber daya untuk menjalankan Excel dengan lancar.

3. Nonaktifkan Add-Ins yang Tidak Penting

Excel memiliki fitur Add-Ins yang memungkinkan kita untuk menambahkan fungsi tambahan ke dalam program. Namun, terlalu banyak Add-Ins yang terpasang dapat membuat Excel menjadi lambat. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu menonaktifkan Add-Ins yang tidak penting. Caranya adalah masuk ke menu “File” dan pilih “Options”. Kemudian, pilih “Add-Ins” dan klik “Go” di bawah “Manage: Excel Add-Ins”. Pilih Add-Ins yang tidak diperlukan dan klik “OK” untuk menonaktifkannya.

4. Gunakan Fitur Filter pada Data

Jika kita memiliki data yang sangat besar di Excel, penggunaan fitur filter dapat membantu kita untuk membatasi tampilan data yang ditampilkan. Dengan memfilter data, kita dapat mengurangi beban kita dan membuat Excel berjalan lebih cepat. Caranya adalah memilih seluruh data yang ingin kita filter, kemudian klik menu “Data” dan pilih “Filter”. Kita dapat menggunakan filter berdasarkan beberapa kriteria, seperti tanggal, angka, atau teks. Setelah memfilter data, Excel akan hanya menampilkan data yang sesuai dengan kriteria yang kita pilih.

5. Gunakan Mode Pengeditan

Salah satu penyebab kita menjadi lemot saat membuka Excel adalah karena fitur AutoSave yang secara otomatis menyimpan perubahan yang kita lakukan pada file Excel. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menggunakan Mode Pengeditan. Mode Pengeditan memungkinkan kita untuk menonaktifkan fitur AutoSave sementara waktu sehingga kita tidak terbebani dengan proses penyimpanan yang terus-menerus. Caranya adalah dengan membuka file Excel, kemudian klik “File” dan pilih “Info”. Klik “Edit Anyway” untuk masuk ke Mode Pengeditan.

6. Hapus File Temporary

File temporary atau file sementara adalah file yang dibuat oleh Excel ketika kita membuka file Excel. Kadang-kadang, file temporary yang tidak terhapus dengan baik dapat menyebabkan kita menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu membersihkan file temporary secara manual. Caranya adalah dengan membuka “Run” dengan menekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard. Ketik “%temp%” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Kemudian, hapus semua file yang ada di dalam folder temporary tersebut.

7. Gunakan Versi Excel yang Lebih Ringan

Jika kita memiliki dengan spesifikasi yang rendah, mungkin kita perlu mempertimbangkan untuk menggunakan versi Excel yang lebih ringan. Misalnya, kita dapat menggunakan Excel Online atau Google Sheets yang dapat diakses melalui browser web. Versi-versi ini tidak memerlukan instalasi dan dapat diakses dengan menggunakan akun Microsoft atau Google kita. Meskipun fitur-fitur yang ditawarkan mungkin tidak sekomplit Excel desktop, tetapi versi-versi ini dapat menjadi alternatif yang baik jika kita tidak mampu menjalankan Excel dengan lancar.

Kesimpulan

Mengatasi yang lemot saat membuka Excel memang dapat menjadi tantangan. Namun, dengan menggunakan tips dan trik di atas, kita dapat mengoptimalkan kinerja kita dan menjalankan Excel dengan lancar. Penting untuk diingat bahwa perbaikan ini tidak hanya berlaku untuk Excel, tetapi juga dapat diterapkan pada aplikasi lain yang membuat kita menjadi lemot. Jadi, jangan ragu untuk mencoba tips dan trik di atas ketika menghadapi masalah serupa. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *