Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Task Manager

23
×

Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Task Manager

Sebarkan artikel ini

Selamat datang di panduan lengkap untuk mengatasi masalah yang lambat saat digunakan. Jika Anda mengalami masalah dengan yang sering lemot, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara mengatasi masalah ini menggunakan Task Manager.

Apa itu Task Manager?

Sebelum kita memulai, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Task Manager. Task Manager adalah sebuah utilitas yang disediakan oleh sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mengendalikan proses yang berjalan pada Anda. Anda dapat membuka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan pada keyboard.

Menggunakan Task Manager untuk Mengidentifikasi Program yang Menggunakan Sumber Daya Terlalu Banyak

Salah satu alasan utama mengapa bisa menjadi lemot adalah karena ada program atau proses yang menggunakan terlalu banyak sumber daya. Untuk mengidentifikasi program yang menggunakan sumber daya terlalu banyak, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  2. Pilih tab “Proses” di jendela Task Manager.
  3. Klik pada kolom “CPU” atau “Memori” untuk mengurutkan proses berdasarkan penggunaan CPU atau memori.
  4. Perhatikan program atau proses mana yang menggunakan sumber daya terlalu banyak. Anda dapat melihat penggunaan CPU dan memori di sebelah kiri nama program atau proses tersebut.

Jika Anda menemukan program atau proses yang menggunakan sumber daya terlalu banyak, Anda dapat mencoba salah satu solusi berikut:

Menutup Program yang Tidak Diperlukan

Salah satu cara tercepat untuk meningkatkan kinerja adalah dengan menutup program yang tidak diperlukan. Buka Task Manager dan periksa program yang menggunakan sumber daya terlalu banyak. Jika ada program yang tidak Anda gunakan, klik kanan pada program tersebut dan pilih “Tutup”.

Memperbarui atau Menghapus Program yang Tidak Kompatibel

Beberapa program mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi atau hardware Anda, yang dapat menyebabkan menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba memperbarui program tersebut ke versi terbaru atau menghapusnya sepenuhnya jika tidak diperlukan.

Menonaktifkan Startup Program yang Tidak Diperlukan

Saat dinyalakan, beberapa program akan secara otomatis dimulai bersamaan dengan sistem operasi. Hal ini dapat memperlambat kinerja karena program-program tersebut menggunakan sumber daya yang berharga. Untuk menonaktifkan startup program yang tidak diperlukan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  2. Pilih tab “Startup” di jendela Task Manager.
  3. Periksa daftar program yang dimulai saat dinyalakan.
  4. Klik kanan pada program yang tidak diperlukan dan pilih “Nonaktifkan”.

Setelah Anda menonaktifkan startup program yang tidak diperlukan, restart Anda untuk melihat perubahan yang berlaku.

Membersihkan Disk

Salah satu alasan lain mengapa bisa menjadi lemot adalah karena ruang disk yang penuh. Jika hard disk Anda penuh, maka tidak akan ada ruang yang cukup untuk menjalankan program dengan lancar. Untuk membersihkan disk, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka File Explorer dengan menekan tombol Windows + E.
  2. Pilih drive sistem (biasanya C:).
  3. Klik kanan pada drive tersebut dan pilih “Properties”.
  4. Pada tab “General”, klik tombol “Bersihkan Disk”.
  5. Pilih file yang ingin Anda hapus dan klik tombol “OK”.

Setelah Anda membersihkan disk, restart Anda untuk melihat perubahan yang berlaku.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa cara untuk mengatasi lemot pada Task Manager. Dengan menggunakan Task Manager, Anda dapat mengidentifikasi program yang menggunakan sumber daya terlalu banyak dan mengambil tindakan yang diperlukan, seperti menutup program yang tidak diperlukan, memperbarui atau menghapus program yang tidak kompatibel, menonaktifkan startup program yang tidak diperlukan, dan membersihkan disk. Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat meningkatkan kinerja Anda dan menghindari masalah yang lambat.

Semoga panduan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *