Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Pengaturan Services

10
×

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Pengaturan Services

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Pengaturan Services
Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Pengaturan Services

Hai teman-teman! Apakah kalian sering mengalami masalah yang lemot? Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan membahas cara mengatasi lemot dengan melakukan pengaturan services. Tidak perlu khawatir jika kalian bukan seorang ahli dalam bidang teknologi, karena tutorial ini akan disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menggunakan gaya percakapan sehari-hari.

Apa itu Services?

Sebelum kita masuk ke cara mengatasi lemot, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu services. Services atau layanan adalah program yang berjalan di latar belakang sistem operasi kita. Layanan ini memiliki peran penting dalam menjalankan berbagai fungsi dan tugas di dalam . Akan tetapi, terkadang ada beberapa services yang tidak diperlukan dan justru membebani kinerja kita, sehingga membuatnya menjadi lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Pengaturan Services

1. Membuka Services

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuka jendela services. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “services.msc” (tanpa tanda kutip) di kotak dialog yang muncul, lalu tekan Enter.

2. Menonaktifkan Services yang Tidak Diperlukan

Setelah jendela services terbuka, kita dapat melihat daftar services yang ada di kita. Untuk mengoptimalkan kinerja , kita perlu menonaktifkan beberapa services yang tidak diperlukan. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada services yang ingin kita nonaktifkan, lalu pilih “Properties”. Pada jendela properties, ubah startup type menjadi “Disabled”, lalu klik “OK”. Lakukan hal ini untuk semua services yang tidak diperlukan.

Berikut adalah daftar services yang biasanya aman untuk dinonaktifkan:

  1. Print Spooler
  2. Remote Registry
  3. Windows Error Reporting Service
  4. Windows Search
  5. Windows Time

Setelah menonaktifkan services yang tidak diperlukan, pastikan untuk tidak menonaktifkan services yang berkaitan dengan keamanan dan jaringan, seperti Windows Firewall dan Windows Defender.

3. Mengubah Startup Type Services

Selain menonaktifkan services, kita juga dapat mengubah startup type services agar kita dapat berjalan dengan lebih cepat. Startup type adalah pengaturan yang menentukan apakah services akan dijalankan secara otomatis saat dinyalakan atau tidak.

Untuk mengubah startup type services, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada services yang ingin diubah startup typenya, lalu pilih “Properties”.
  2. Pada jendela properties, ubah startup type sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut adalah beberapa pilihan startup type yang dapat kita pilih:
  • Automatic: services akan dijalankan secara otomatis saat dinyalakan.
  • Manual: services hanya akan dijalankan jika dibutuhkan.
  • Disabled: services tidak akan dijalankan.

Pilihlah startup type yang sesuai dengan kebutuhan kita. Setelah itu, klik “OK” untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan.

4. Restart Laptop

Setelah melakukan pengaturan services, langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah me-restart . Dengan me-restart , perubahan yang kita lakukan pada services akan diterapkan dan akan berjalan dengan lebih cepat.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengklik tombol Start di pojok kiri bawah desktop, lalu pilih “Restart”. Tunggu beberapa saat hingga menyala kembali.

Tips dan Trik Mengatasi Laptop Lemot

Selain melakukan pengaturan services, ada beberapa tips dan trik lain yang dapat kita terapkan untuk mengatasi lemot. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat kita coba:

  1. Bersihkan file-file tidak perlu dan program-program yang tidak terpakai di kita.
  2. Periksa dan hapus virus atau malware yang mungkin ada di kita.
  3. Periksa dan hapus file-file sementara yang tersembunyi di kita.
  4. Periksa dan atur pengaturan power plan kita agar sesuai dengan kebutuhan kita.
  5. Periksa dan atur pengaturan visual effects kita agar sesuai dengan kemampuan hardware kita.

Kesimpulan

Mengatasi lemot tidaklah sulit jika kita tahu caranya. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan pengaturan services. Dalam tutorial ini, kita telah mempelajari cara mengatasi lemot dengan melakukan pengaturan services. Selain itu, kita juga telah mempelajari beberapa tips dan trik lain yang dapat membantu kita mengatasi masalah lemot.

Sekarang, kalian dapat mencoba mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas untuk mengatasi lemot kalian. Jangan lupa untuk melakukan pengaturan services dengan hati-hati dan hanya menonaktifkan services yang tidak diperlukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *