Acer

Cara Mengatasi Laptop Acer Blank

13
×

Cara Mengatasi Laptop Acer Blank

Sebarkan artikel ini

Sekarang ini, menjadi salah satu perangkat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. memiliki berbagai keunggulan, mulai dari kemudahan dalam membawa, kepraktisan, hingga kemampuan yang mumpuni dalam menyelesaikan berbagai tugas. Namun, tidak jarang juga mengalami masalah, salah satunya adalah yang tiba-tiba blank. Jika Anda mengalami masalah serupa, jangan khawatir. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik tentang cara mengatasi blank.

Penyebab Laptop Acer Blank

Sebelum membahas solusinya, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa penyebab menjadi blank. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan Anda menjadi blank antara lain:

  1. Overheat
  2. Kerusakan pada hardware
  3. Driver yang tidak kompatibel
  4. Permasalahan dengan sistem operasi

Cara Mengatasi Laptop Acer Blank

1. Restart Laptop

Jika Anda tiba-tiba menjadi blank, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan me-restart . Caranya cukup mudah, yaitu tekan tombol power yang ada di Anda dan tahan selama beberapa detik hingga mati. Setelah itu, hidupkan kembali dengan menekan tombol power.

2. Periksa Kabel Power

Kabel power yang tidak terhubung dengan baik atau rusak dapat menjadi penyebab menjadi blank. Pastikan kabel power terhubung dengan baik ke dan juga ke sumber listrik. Jika kabel power terlihat rusak atau tidak berfungsi, segera ganti dengan kabel power yang baru.

3. Matikan Laptop dan Lepaskan Baterai

Jika Anda masih blank setelah me-restart dan memeriksa kabel power, langkah selanjutnya adalah mematikan dan melepas baterai. Setelah mati dan baterai dilepas, tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik untuk mengeluarkan sisa-sisa listrik yang masih ada di dalam . Setelah itu, pasang kembali baterai dan hidupkan .

4. Periksa RAM dan Hard Drive

RAM dan hard drive yang tidak terpasang dengan baik atau mengalami kerusakan dapat menyebabkan menjadi blank. Untuk memeriksa RAM, buka casing dan periksa apakah RAM terpasang dengan baik. Jika RAM tidak terpasang dengan baik, lepaskan dan pasang kembali RAM dengan benar. Untuk memeriksa hard drive, pastikan kabel yang menghubungkan hard drive dengan motherboard terhubung dengan baik.

5. Periksa Kabel VGA

Jika Anda menggunakan kabel VGA untuk terhubung dengan monitor eksternal, pastikan kabel VGA terpasang dengan baik. Jika kabel VGA terlihat rusak atau tidak berfungsi, segera ganti dengan kabel VGA yang baru.

6. Reinstall Driver

Jika Anda masih blank setelah melakukan langkah-langkah di atas, kemungkinan penyebabnya adalah driver yang tidak kompatibel. Anda bisa mencoba untuk menginstal ulang driver dengan versi yang lebih baru atau mengembalikan driver ke versi sebelumnya yang masih kompatibel dengan Anda.

7. Reset Sistem Operasi

Jika masalah blank pada Anda masih belum teratasi, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mereset sistem operasi. Namun, sebelum melakukan reset, pastikan Anda telah membackup data penting yang ada di Anda. Setelah itu, Anda bisa melakukan reset sistem operasi dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Kesimpulan

Mengatasi yang blank memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan mengetahui penyebabnya dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Jika Anda masih blank setelah mencoba semua langkah di atas, disarankan untuk membawa ke service center terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah blank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *