Lenovo

Cara Mengatasi Kursor Laptop Lenovo Tidak Bergerak

14
×

Cara Mengatasi Kursor Laptop Lenovo Tidak Bergerak

Sebarkan artikel ini

Apakah Anda mengalami masalah dengan kursor yang tidak bergerak? Jangan panik, Anda tidak sendirian. Masalah ini bisa terjadi pada banyak pengguna , dan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial lengkap tentang cara mengatasi kursor yang tidak bergerak. Simak terus artikel ini untuk menemukan solusinya!

1. Periksa Koneksi Kabel Mouse

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa koneksi kabel mouse. Pastikan kabel mouse terhubung dengan baik ke Anda. Jika kabel mouse tidak terhubung dengan baik, coba cabut dan colokkan kembali kabel mouse tersebut. Setelah itu, periksa apakah kursor sudah bisa bergerak atau tidak.

2. Restart Laptop Anda

Jika langkah pertama tidak berhasil, coba restart Anda. Kadang-kadang, masalah dengan kursor yang tidak bergerak bisa diselesaikan dengan melakukan restart. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol power dan tahan beberapa detik sampai mati. Kemudian, nyalakan kembali dan periksa apakah kursor sudah berfungsi atau tidak.

3. Perbarui Driver Mouse

Jika kursor Anda masih tidak bergerak setelah melakukan restart, kemungkinan masalahnya terletak pada driver mouse. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memperbarui driver mouse pada Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka Device Manager

Pertama, buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X dan pilih Device Manager dari menu yang muncul.

b. Cari Mouse dan Perangkat Penunjuk Lainnya

Setelah membuka Device Manager, cari kategori “Mouse dan perangkat penunjuk lainnya” dan klik tanda panah di sebelah kiri untuk melihat daftar perangkat yang terkait.

c. Perbarui Driver Mouse

Klik kanan pada mouse yang digunakan dan pilih “Perbarui driver” dari menu yang muncul. Pilih opsi “Cari secara otomatis perangkat lunak driver yang diperbarui” dan biarkan Windows mencari dan menginstal pembaruan driver yang tersedia.

4. Ubah Pengaturan Kursor

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, coba ubah pengaturan kursor pada Anda. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka Pengaturan

Pertama, buka Pengaturan dengan cara menekan tombol Windows + I.

b. Pilih Perangkat

Setelah membuka Pengaturan, pilih kategori “Perangkat” dan klik “Mouse” di sebelah kiri.

c. Ubah Pengaturan Kursor

Pada halaman Pengaturan Mouse, coba ubah pengaturan kursor seperti kecepatan kursor, ukuran kursor, atau fitur lainnya. Setelah itu, periksa apakah kursor sudah berfungsi atau tidak.

5. Gunakan Tombol Pintas

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan tombol pintas pada keyboard untuk mengatasi masalah kursor yang tidak bergerak. Beberapa tombol pintas yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Tombol Fn + F6: Mengaktifkan atau mematikan touchpad .
  • Tombol Fn + F8: Mengaktifkan atau mematikan tombol mouse touchpad .

Cobalah tekan tombol pintas tersebut dan periksa apakah kursor sudah bisa bergerak atau tidak.

Kesimpulan

Mengatasi kursor yang tidak bergerak bisa menjadi tantangan, tetapi dengan mengikuti tutorial di atas, Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah. Mulailah dengan memeriksa koneksi kabel mouse, lalu restart Anda. Jika masih tidak berhasil, perbarui driver mouse atau ubah pengaturan kursor. Terakhir, Anda juga bisa mencoba menggunakan tombol pintas pada keyboard. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda akan dapat mengatasi masalah kursor yang tidak bergerak dengan cepat dan efektif. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *