Lenovo

Cara Mengatasi Black Screen Pada Laptop Lenovo

25
×

Cara Mengatasi Black Screen Pada Laptop Lenovo

Sebarkan artikel ini

Halo, para pengguna ! Mungkin di antara kalian pernah mengalami masalah dengan layar yang tiba-tiba menjadi hitam atau sering disebut dengan black screen. Masalah ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti adanya masalah dengan driver, sistem operasi, atau bahkan hardware. Namun, jangan khawatir! Pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial tentang cara mengatasi black screen pada dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Periksa Koneksi Laptop dengan Monitor Eksternal

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah memeriksa apakah masalah black screen ada hubungannya dengan koneksi dengan monitor eksternal. Kadang-kadang, masalah ini terjadi karena kabel VGA atau HDMI yang tidak terhubung dengan baik atau rusak. Coba pastikan kabel tersebut terpasang dengan benar dan tidak ada kerusakan pada kabel tersebut.

2. Restart Laptop dengan Tekan Tombol Power

Jika langkah pertama tidak berhasil, coba lakukan restart pada kalian dengan menekan tombol power. Tapi, ada trik yang bisa kalian coba. Pertama, tekan tombol power dan tahan selama 10 detik hingga mati. Setelah itu, tekan tombol power lagi untuk menghidupkan . Kadang-kadang, black screen dapat diselesaikan dengan cara ini.

3. Matikan Fast Startup

Fast startup adalah fitur pada Windows 10 yang mempercepat waktu booting . Namun, fitur ini terkadang dapat menyebabkan masalah black screen pada . Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mematikan fitur fast startup dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Control Panel melalui Start Menu.
  2. Pilih “Power Options”.
  3. Pada panel sebelah kiri, pilih “Choose what the power buttons do”.
  4. Klik “Change settings that are currently unavailable”.
  5. Hapus centang pada opsi “Turn on fast startup (recommended)”.
  6. Klik “Save changes”.

4. Perbarui Driver Grafis

Kadang-kadang, black screen dapat terjadi karena driver grafis yang tidak kompatibel atau rusak. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa melakukan update driver grafis dengan cara berikut:

  1. Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih “Device Manager”.
  2. Expand kategori “Display adapters”.
  3. Klik kanan pada driver grafis dan pilih “Update driver”.
  4. Pilih opsi “Search automatically for updated driver software” dan ikuti petunjuk yang diberikan.
  5. Setelah proses update selesai, restart kalian.

5. Lakukan Pemulihan Sistem

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, kalian bisa mencoba melakukan pemulihan sistem. Pemulihan sistem akan mengembalikan ke kondisi sebelum terjadinya masalah black screen. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemulihan sistem:

  1. Buka Control Panel melalui Start Menu.
  2. Pilih “Recovery”.
  3. Pada panel sebelah kanan, pilih “Open System Restore”.
  4. Pilih tanggal pemulihan sebelum masalah black screen terjadi.
  5. Klik “Next” dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses pemulihan.

6. Hubungi Layanan Pelanggan Lenovo

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah black screen pada kalian, kemungkinan besar masalah tersebut terkait dengan hardware. Dalam hal ini, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut atau mengirim ke pusat perbaikan resmi .

Kesimpulan

Black screen pada bisa menjadi masalah yang menjengkelkan, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kalian bisa mengatasinya. Mulai dari memeriksa koneksi dengan monitor eksternal, merestart , mematikan fast startup, mengupdate driver grafis, melakukan pemulihan sistem, hingga menghubungi layanan pelanggan , semua langkah tersebut bisa kalian coba untuk mengatasi masalah black screen. Jangan lupa juga untuk melakukan backup data secara teratur agar tidak kehilangan data penting jika terjadi masalah pada . Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *